rss_feed

Kampung Kahuripan Jaya

Jln. Kahuripan Jaya,Kecamatan Banjar Baru,kabupaten Tulang Bawang.
Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung
Kode Pos 34682

  • SUTEJO

    Kepala Kampung

    Belum Rekam Kehadiran
  • SUPRIYO

    SEKRETARIS KAMPUNG

    Belum Rekam Kehadiran
  • YUDI APRIANTO.S

    KASI PEMERINTAHAN

    Belum Rekam Kehadiran
  • NURNGAINI SAPUTRA

    KASI PELAYANAN

    Belum Rekam Kehadiran
  • WINARTO

    KASI KESEJAHTERAAN

    Belum Rekam Kehadiran
  • AGUS SUSANTO

    KAUR KEUANGAN

    Belum Rekam Kehadiran
  • EDI SUSANTO

    KAUR TATA USAHA DAN UMUM

    Belum Rekam Kehadiran
  • JOKO PRAYITNO

    KAUR PERENCANAAN

    Belum Rekam Kehadiran
  • EKA SUSANTI

    Staf Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • YONIS APRIYANI

    Staf Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • WIWIN TRI WIDARTI

    Staf Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • DC KRISTIAWAN

    Staff IT

    Belum Rekam Kehadiran

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kampung Kahuripan Jaya Kec. Banjar Baru Kab. Tulang Bawang, Provinsi Lampung | Kantor Kampung Kahuripan Jaya Membuka Pelayan Publik pada Hari Senin - Jum'at Pukul 09.00 - 15.00 WIB
fingerprint
PENYUNTIKKAN VAKSIN PMK TAHAP KE-2 DI DESA KAHURIPAN JAYA, KABUPATEN TULANG BAWANG

15 Ags 2022 16:38:02 19 Kali

KAHURIPAN JAYA, 15/8/2022. – Pemerintah Kampung Kahuripan Jaya dan Dinas Peternakan Kabupaten Tulang Bawang kembali melaksankan vaksinasi terhadap hewan ternak jenis sapi milik warga setempat. Vaksin ini merupakan tahap kedua setelah beberapa bulan lalu.

Kepala Kampung Kahuripan Jaya yang didampingi oleh beberapa staf dan petugas dari Dinas Peternakan melakukan vaksinasi tahap kedua secara langsung terhadap sapi-sapi milik warga, utama sapi yang mengalami penuruan kesehatan. 

Sutejo selaku Kepala Kampung berharap hal ini adalah cara terbaik pemerintah setempat untuk menyelamatkan peternakan warga. Sebab hewan tersebut merupakan salah satu harta berharga mereka. Selain itu ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi tahap kedua yang telah dilakukan beberapa bulan lalu.

“Semoga dengan kegiatan ini warga Kahuripan bisa merasa lebih tenang, soalnya ini juga bagaian dari harta meraka. Selain itu kan juga masih belum stabil perekonomian di negara kita jadi ya biar merasa lebih tenang saja kalau sapinya aman. Apalagi ini juga kelanjutan dari beberapa bulan lalu. Jadi meraka juga merasa benar-benar diperhatikan oleh pemerintah”

Dalam kesempatan yang sama salah seorang warga juga merasa bahagia karena sapi meraka juga diperhatikan oleh pemerintah. Meski hanya program vaksinasi tapi jika hal ini bisa menjadi kegiatan rutin ia merasa sangat terbantu.

“Bagi kami ini sudah sangat membantu mas, karenakan kami juga gak mungkin bisa kalau terus-terusan kami lakukan vaksinasi mandiri terhadap sapi-sapi kami”

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang Nasib Subagio mengatakan, total hewan ternak yang sembuh dari PMK tercatat lebih tinggi dari jumlah kematian. Hal ini Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Tulang Bawan, per akhir Juli 2022 lalu tercatat sebanyak 419 hewan ternak telah sembuh. 16 ternak terpaksa dipotong akibat Penyakit Mulut dan Kuku. Dan 7 sapi mati dan 1 lainnya masih dalam proses penyembuhan.

Untuk mengantisipasi peningkatan terjadinya PMK yang semakin merabak, Pemkab Tulang Bawang meminta warga yang memiliki hewan ternak yang rentan terhadap PMK khususnya sapi untuk meningkatkan kebersihan kandang secara rutin. Selain itu warga juga diminta untuk melakukan karantina hewan yang sedang sakt, atau telah melakukan kontak terhadap hewan yang terpapar.

“Sebenarnya virus ini bisa diatasi dengan baik jika kandangnya selalu bersih dan peternak perhatian dengan hewannya. Jadi untuk itu kami himbau kepada masyarakat Kahuripan Jaya untuk rajin-rajin membersihkan kandang, terus kalau sudah ada gejala pada hewannya segera dilakukan karantina dan menghubungi pihak-pihak terkait”

PMK memiliki ciri-ciri masa inkubasi selama 7 hari. Setiap hewan ternak yang terjangkit PMK akan mulai terlihat pada hari ketujuh tersebut. Gejalanya seperti demam tinggi, kemudian dilanjutkan dengan tidak mau makan dan mulai mengeluarkan air liur yang mengandung busa. Kemudian dilanjutkan dengan muncul luka-luka di ujung bibir, hidung dan selah-selah kaki.

 

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

map Wilayah Kampung

account_circle Aparatur Kampung

share Sinergi Program

assessment Statistik Kampung

message Komentar Terkini

  • person Haji Herman

    date_range 02 September 2021 18:05:29

    Saya mau buat bibit pepaya calipornia dari biji pepaya [...]
  • person Agus Susanto

    date_range 03 April 2021 08:12:55

    good job, boleh dicoba itu,, [...]

contacts Info Media Sosial

Alamat : Jln. Kahuripan Jaya,Kecamatan Banjar Baru,kabupaten Tulang Bawang.
Kampung : Kahuripan Jaya
Kecamatan : Banjar Baru
Kabupaten : Tulang Bawang
Kodepos : 34682
Telepon :
Email :

folder Arsip Artikel